Jumat, 17 September 2010

Siapa yang Tau Adzab Kubur ?????

Alam kubur adalah alam antara kehidupan dunia dan akhirat yang dimulai setelah kematian dan berakhir setelah kebangkitan.Setelah masa ini, seseorang yang beriman merasa bahagia sedangkan orang kafir mengalami adzab.


Orang yang sudah mati akan dihimpit Alam Kubur, siapapun itu baik kafir ataupun Muslim akan merasakan himpitan kubur bedanya penyempitan yang dialami seorang Mukmin tidak berlangsung selamanya, tidak seperti orang kafir yang terus menerus dijepit sampai memecahkan tulang rusuknya.


Rasulullah SAW Bersabda : "Sesungguhnya Kubur itu memiliki himpitan, seandainya ada orang yang selamat darinya maka akan selamatlah Sa'ad bin Mu'adz"
Saad bin Mu'adz akan mengalami himpitan kubur, padahal ia adalah seorang pemimpin yang penuh kemulyaan, kematiannya mengguncang 'Arsy, dibukakan baginya pintu-pintu langit, Kesyahidannya disaksikan oleh 70.000 Malaikat. Hadits yang diriwayatkan Nasa'i dari Rasulullah SAW, menyebutan : "Kematiannya mengguncang 'Arsy, Dibukakan baginya pintu-pintu langit, pintu yang banyak, Kesyahidannya disaksikan oleh 70.000 Malaikat, maka sesungguhnya ia mengalami himpitan kubur, kemudian Allah melapangkannya."
Apabila Sa'ad bin Mu'adz seorang pemimpin yang besar, hamba yang shalih dan mendapatkan mati syahid, mengalami himpitan kubur, lalu bagaimana dengan saya dan anda ???!!!
Rasulullah SAW bersabda : "seorang manusia apabila diletakkan didalam kuburnya, dan sahabatnya berpaling pulang dan dia mendengar suara sandal mereka, akan datang kepadanya 2 Malaikat dan mendudukkannya, dan bertanya, Siapakah Tuhanmu ? Siapakah Nabimu ? Apakah Agamamu ? Maka dia menjawab : Allah adalah Tuhanku, Muhammad adalah Nabiku, Islam adalah Agamaku. Terdengarlah seruan dari langit, Benar hambaku, hamparkan baginya tikar disurga, lalu angin dan wangi surga datang kepadanya. kemudian diluaskan seluas mata memandang, seorang yang rupawan datang menemaninya yang tiada lain amal shalihnya"(HR. Ahmad, Abu Daud, Hakim dan Baihaqi)



Adapun sebab sebab siksa kubur di antaranya adalah :
- MELALAIKAN SHALAT -
- MEMBACA ALQUR'AN KEMUDIAN MELUPAKANNYA
- TIDAK BERSUCI SETELAH BUANG AIR KECIL
- BERKATA BOHONG
- TIDAK MEMBAYAR ZAKAT
- POLA HIDUP YANG BERLEBIH-LEBIHAN
- MAKAN RIBA
- KORUPSI
- MEMFITNAH SESAMA MUSLIM
- KHIANAT TERHADAP AMANAH YANG DIBERIKAN
- ENGGAN MENOLONG SESAMA MUSLIM
- MINUM KHAMAR
- BERZINA
- MEMBUNUH



Abu-Laits berkata: "Siapa yang ingin selamat dari siksaan kubur maka harus menlazimi empat dan meninggalkan empat iaitu:

1.Menjaga sembahyang lima waktu

2.Banyak bersedekah

3.Banyak membaca al-quran

4.Memperbanyak bertasbih (membaca: Subhanallah walhamdulillah wal'aa ilaha illallah wallahu akbar, walahaula wala quwata illa billah)













NB : Satuan waktu dunia dan alam akherat itu berbeda, Ukuran waktu di neraka jahanam adalah afqo', dgn perbandingan : 1 afqo = 80 tahun akherat = 3 juta tahun dunia. Sekali masuk neraka jahanam yang ber afqo afqo itu berarti lebih dari 3 juta tahun di siksa non stop tanpa istirahat, makan dan minuman.








Subhanaallah, begitu beratnya siksa kubur. Semua itu di mulai dari diri kita untuk menghindari siksa kubur. Semua datang dari allah dan akan kembali kepadanya. Semoga bermanfaat dan dapat mempertebal iman bagi para pembaca, Amien.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar